.
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z

Saat Musim Hujan, Ini 7 Tips Membangun Rumah Yang Bisa Dilakukan

Selasa, 08 Januari 2019 WIB oleh Dinar Aditya

tips membangun rumah, renovasi rumah, tips membangun rumah saat musim hujan, musim hujan, artikel rumah, artikel properti, properti indonesia, tips rumah, blog rumah, prosen pembangunan rumah, situs iklan rumah gratis, pasang iklan gratis, toko banhan bangunan, daftar bahan bangunan, rumah murah,Saat Musim Hujan, Ini 7 Tips Membangun Rumah Yang Bisa Dilakukan

daftarperumahanmurah.com - Hujan memang menjadi saat yang dinantikan. Apalagi setelah musim kemarau yang panjang. Kehadiran hujan seperti menjadi buah kerinduan atas kekeringan yang sebelumnya selalu menghiasi aktifitas kita sehari-hari. Namun apa jadinya jika musim hujan hadir disaat kita sedang membangun rumah. Atau baru saja kita akan membangun serta merenovasi rumah? Wah ini tentu menjadi sedikit persoalan ya. Tapi tenang, berikut ini kami akan menghadirkan 7 tips membangun rumah saat musim hujan, semoga bermanfaat.

Proses membangun rumah memang idealnya dilakukan saat musim kemarau. Meski memang setiap musim itu akan selalu ada kelebihan dan kekurangannya, namun banyak orang beranggapan akan lebih baik jika kita melakukan proses pembangunan rumah ataupun renovasi rumah sekalipun pada musim kemarau. Jika kita melakukannya di musim kemarau akan lebih leluasa. Setidaknya dalam pengelolaan waktu kerja.

Membangun rumah itu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada banyak tahapan yang diperlukan saat kita melakukan proses pembangunan sebuah rumah. Setidaknya ada 4 proses yang akan kita lewati saat kita melakukan proses pembangunan sebuah rumah.

Lihat juga : Syarat KPR

Tahapan Proses Pembangunan Rumah

1. Tahapan Persiapan Lahan

Lihat juga : 3 Langkah Untuk Tips Cerdas Dekorasi Rumah

Lahan menjadi sebuah hal yang cukup penting yang akan diperlukan keberadaannya saat kita membangun rumah. Seandainya saja semua kebutuhan sudah ada namun lahan tidak ada maka proses membangun rumah hanya wacana belaka.

Tahapan persiapan lahan disini dimulai dari penyediaan lahan, proses merapikan lahan hingga akhirya ahan tersebut benar-benar siap untuk digunakan. Jika lahan sebelumnya berupa lahan kebun mungkin proses persiapan tidak akan membutuhkan waktu terlalu lama, hanya perlu meratakan tanah saja. Namun lain halnya jika lahan yang ada adalah seperti lahan bekas sawah. Lahan sawah akan membutuhkan waktu lebi laa karena perlu dilakukan pengeringan, pengurugan hingga akhirnya dilakukan perataan tanah.

2. Tahapan Persiapan Bahan

Ada dua cara untuk persiapan bahan ini, cara pertama adalah dengan mengumpulkan bahan di satu tempat. Biasanya cara ini digunakan jika memang kita memiliki lahan yang cukup untuk menyimpan bahan-bahan bangunan tersebut.

Namun jika kita tidak memiliki lahan yang luas maka ada cara kedua yang bisa kita coba. Cara tersebut adalah dengan membeli bahan secara mencicil. Mencicil dalam hal ini artinya bahan tidak langsung dibawa ke tempat dimana kita akan membangun. Namun kita simpan di toko bahan bangunan dan akan kita ambil saat kita memerlukan bahan tersebut.

Biasanya cara ini akan lebih efektif karena kita bisa lebih leluasa saat merancang ataupun saat membangun rumah.

3. Tahapan Pembangunan

Tahapan ini menjadi proses inti yang akan mewujudkan impian kita dalam memiliki sebuah rumah. Dari awalnya tidak ada menjadi ada. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama karena di proses inilah pembangunan rumah itu sebenarnya.

Akan ada penambahan bahan, akan ada perbaikan juga akan ada perubahan terjadi pada proses ini. Proses perwujudan visual dari nothing menjadi someting ini memang akan sangat berpengaruh pada kesuksesan rancang bangun sebuah rumah.

4. Tahapan Finishing

Tidak kalah pentingnya dalam pembangunan rumah adalah proses finishing atau penyelesaian. Proses ini juga cukup memakan waktu yang lama karena kerapian sebuah bangunan rumah sangat ditentukan oleh proses yang satu ini.

Biasanya untuk proses finishing pembangunan rumah akan berbanding lurus dengan waktu. Semakin lama proses itu dilakukan maka hasilnya biasaya akan lebih baik. Namun sebaliknya jika kita tergesa-gesa maka hasil akhir dari rumah tersebut biasanya kurang begitu bagus.

Baiklah, setelah kita mengetahui tentang proses pembangunan rumah maka kita akan masuk ke pembahasan utama kita. Apa jadinya jika proses pembangunan rumah ada di musim hujan? Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ini 7 tips membangun rumah saat musim hujan yang perlu kita ketahui.

7 Tips Membangun Rumah Saat Musim Hujan

1. Perhatikan Cuaca Seminggu Kedepan

Hal pertama yang harus dilakukan jika kita membangun rumah saat musim hujan adalah perhatikan perkembangan cuaca. Minimal selama seminggu kedepan kita harus mengetahui bagaimana prakiraan cuaca yang akan terjadi. Meskipun hanya sebuah prakiraan namun ini akan cukup membantu kita untuk mempersiapkan apa saja yang diperlukan nantinya.

Ada banyak cara untuk memantu perkambangan cuaca. Dari mulai informasi berita di televisi, surat kabar hingga aplikasi cuaca yang kini sudah banyak di handphone. Anda bisa memanfaatkan sumber-sumber informasi tersebut untuk mengatur dan merencanakan apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang harus dipersiapkan pada saat hujan datang.

2. Simpan Alat dan Bahan di Tempat Yang Aman

Pada saat musim hujan juga kita sebaiknya memilki tempat yang aman untuk menyimpan alat dan bahan bangunan kita. Jika anda membaca bagian awal dari artikel ini maka sebaiknya memang kita menyimpan bahan bangunan di toko bangunan saja dan mengambilnya secara mencicil saat dibutuhkan. Hal ini akan lebih aman jika sewaktu-waktu terjadi hujan.

Anda bisa bayangkan jika kita menyimpan tumpukan semen dan terkena hujan maka bisa jadi bukannya untuk kita akan mengalami rugi karena kerusakan bahan bangunan.

Sedangkan untuk alat bangunan sendiri sebaiknya kita membuat sebuah ruangan sementara yang bisa kita gunakan untuk menyimpan alat-alat atau perkakas. Ruangan sementara ini akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk keawetannya namun juga menghindari dari faktor kehilangan.

3. Gunakan Terpal atau Penutup Bahan Bangunan

Jika anda sudah terlanjur membeli dan mengirim bahan bangunan tersebut ke area lahan rumah anda maka anda bisa gunakan terpal atau penutup. Terpal ini bisa anda jumpai di toko-toko yang biasanya ada di pinggir jalan. Dengan luas dimensi sesuai dengan yang kita butuhkan, kita bisa memesan terpal ini untuk menutupi bahan bangunan kita nantinya.

Selain itu sebelum anda menutupi bahan bangunan juga sebaiknya anda memberikan penyangga di bagian bawah bahan bangunan. Contoh sederhananya adalah untuk menyimpan kayu agar tidak dimakan rayap maka sebaiknya kita berikan penyangga berongga yang akan memberikan jarak dari tanah ke bahan kayu tersebut.

4. Siapkan Alat Pengaman

Selain untuk mengamankan bahan bangunan dari kerusakan maka kita juga perlu perhatikan alat pengaman atau pelindung diri. Dari mulai tali pengaman hingga penangkal petir sebaiknya anda juga siapkan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Biasanya untuk proyek-proyek pembangunan yang berskala besar, APD atau Alat Pelindung Diri ini menjadi sebuah hal yang wajib digunakan selama dalam area proyek pembangunan.

5. Pilih Para Pekerja yang Handal

Sebagai salah satu tips membangun rumah saat musim hujan, ternyata pemilihan para pekerja yang handal juga menjadi hal yang bisa kita lakukan. Para pekerja yang sudah terbiasa dalam berbagai medan dan meiliki jam terbang banyak akan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Untuk itu sebaiknya kita juga memilih para pekerja yang handal tersebut. Meskipun memang kita tidak pernah bisa menghindari kecelakaan kerja. Namun alangkah baiknya jika kita berusaha terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan tersebut.

6. Hentikan Proses Pembangunan Jika Diperlukan

Seandainya cuaca semakin buruk maka kita juga tidak boleh nekat meneruskan proses pembangunan. Sebaiknya menghentikan proses pekerjaan menjadi hal yang utama. Semua demi keselamatan semua orang dan tentunya keselamatan bangunan kita. Seandainya kita paksakan maka bangunan juga bisa jadi tidak akan terlalu maksimal hasilnya nanti.

Hentikan proses pembangunan untuk sementara waktu dan kita bisa alihkan untuk hal lainnya. Misalnya saja kita bisa menghentikan proses pembangunan eksterior dan menggantinya dengan proses pembangunan untuk interior rumah kita.

7. Lakukan Evaluasi Ulang Waktu Pembangunan

Lakukan evaluasi ulang untuk penggunaan waktu pada saat proses pembangunan rumah. Kita bisa melihat dimana efektifitas yang kurang untuk pembangunan rumah kita tersebut. Evaluasi ini penting karena waktu akan sangat berpengaruh terhadap cost alias biaya. Semakin panjang waktu yang digunakan maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan untuk membayar biaya gaji pekerja.

Demikian 7 tips membangun rumah saat musim hujan yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang membangun rumah. Dapatkan informasi mengenai rumah murah di situs iklan rumah gratis daftarperumahanmurah.com. Pada tips rumah sebelumnya ada artikel mengenai tips agar bisa memiliki rumah sendiri di tahun 2019 ini, semoga bermanfaat.





Source :


tips membangun rumah
renovasi rumah
tips membangun rumah saat musim hujan
musim hujan
artikel rumah
artikel properti
properti indonesia
tips rumah
blog rumah
prosen pembangunan rumah
situs iklan rumah gratis
pasang iklan gratis
toko banhan bangunan
daftar bahan bangunan
rumah murah
Blog tentang rumah murah terbaru di Indonesia, info merawat rumah, promo rumah dijual, membuat rumah idaman serta info KPR

10 Blog Pilihan